Monday 4 February 2013

Warga Identifikasi Jalan Rusak Di Ulumanda


Warga Kecamatan Ulumanda, Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat, kini tengah mendata kerusakan jalan yang akan segera diperbaiki pemerintah.


"Warga sementara ini sedang melakukan identifikasi jalan rusak di Kecamatan Ulumanda, untuk segera dilaporkan kepada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Majene, guna perbaikan secepatnya," kata Faharuddin, tokoh masyarakat setempat, di Mamuju, Senin.


Ia mengatakan, masyarakat telah mencatat sejumlah kerusakan jalan di Kecamatan Ulumanda sepanjang enam kilometer, antara lain di Desa Tandiallo. kerusakan jalan itu cukup parah karena sudah tidak bisa dilalui masyarakat sebagai akses mendistribusikan hasil buminya.


Atas kerusakan jalan itu, ribuan warga setempat pernah melakukan demonstrasi dan memblokir jalan Trans Sulawesi di Kecamatan Malunda yang menghubungkan Kabupaten Majene dan Kota Mamuju, ibukota Provinsi Sulbar, sehingga mengakibatkan arus lalu lintas lumpuh total selama tiga hari sejak 28 Oktober 2012.


Ia mengatakan, Bupati Majene, Kalma Katta, telah berjanji melakukan perbaikan jalan itu dengan mengalokasikan anggaran APBD Majene sekitar Rp10 miliar, sementara pemerintah Sulbar melalui Gubernur Anwar Adnan Saleh juga berjanji mengalokasikan APBD Sulbar sekitar Rp6 miliar.


"Warga berharap pemerintah menepati janjinya mengalokasikan anggaran perbaikan jalan di Kecamatan Ulumanda, jika tidak warga akan terus menerus melakukan demo dengan menutup akses trans sulawesi di Kecamatan Malunda sebagai bentuk protes mereka menuntut jalannya diperbaiki," katanya.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment