Thursday, 21 February 2013

DPRD Kaltim Dukung PGRI Kelola Aset Pemprov

Komisi IV DPRD Kaltim mendukung sepenuhnya Keinginan PGRI Kaltim untuk mengelola sendiri aset pemerintah Provinsi berupa Gedung Guru di Jalan Harpa Samarinda menjadi gedung sekretariat dengan status hibah.


"Kami sangat mendukung keinginan pengurus PGRI Kaltim yang menginginkan Gedung Guru yang statusnya milik Pemprov Kaltim bisa dikelola langsung oleh PGRI, mengingat daerah lain seperti Riau, Jawa Timur dan DKI Jakarta juga memiliki gedung PGRI," kata Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Ahmad Abdullah di Samarinda, Rabu (20/2).


Menurut Abdullah, dukungan kepada PGRI Kaltim ini tetap harus memenuhi persyaratan administratif dengan menyertakan beberapa dokumen sebagai pelengkap persetujuan hibah, baik status kepemilikan maupun riwayat dari bangunan tersebut.


"Karena ini aset pemerintah provinsi, maka DPRD Kaltim tidak dapat menindaklanjutisampai ada surat tertulis dari gubernur yang isinya menghibahkan Gedung Guru yang selama ini dimiliki Pemprov Kaltim kepada PGRI Kaltim dalam hal status kepemilikan dan pengelolaannya. Dewan nanti tinggal memberikan rekomendasi persetujuan," kata Abdullah.


Anggota Komisi IV asal Partai Gerindra, Yakob Ukung mengingatkan tujuan Komisi IV untuk memenuhi tuntutan PGRI ini hendaknya juga diimbangi dengan kinerja dilapangan.


Menurutnyapara guru harus meningkatkan kualitas mengajarnya dan program-program pengembangan guru harus berlanjut, serta tidak lupa menyesuaikan kebutuhan daerah.


Hal senada juga disampaikananggota Komisi IV asal Fraksi PKS, Lelyanti Ilyas. Dia menyampaikan kepada PGRI Kaltim untuk meninjau dan membuat standardisasi guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).


Dari temuan yang didapat politisi asal daerah pemilihan II Balikpapan, PPU dan Paser ini, banyak guru PAUD merupakan ibu rumah tangga biasa, yang tak memiliki kompetensi mengajar.


"PAUD harus diajar oleh orang yang memiliki keahlian khusus. Ingat pendidikan anak di umur ini sangat bisa mempengaruhi pembentukan mentalnya saat besar nanti," papar Lelyanti.


Sikap dari komisi IV tersebut direspon positifoleh Wakil Ketua PGRI Kaltim Sutomo, dia berjanji akan menyolidkan para guru untuk terus meningkatkan kinerjanya, dan berharap proses hibah gedung guru tersebut bisa segera terealisasi.


"Kami bersyukur DPRD mendukung PGRI Kaltim untuk memiliki sebuah gedung kesekretariatan yang dikelola mandiri oleh PGRI. Mudah-mudahan keinginan ini bisa segera terealisasi," ungkap Sutomo.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment