Tuesday, 26 February 2013

140 Lansia Yogyakarta Peroleh Bantuan Setiap Tahun

Pemerintah Kota Yogyakarta memberikan bantuan kepada 140 orang lanjut usia setiap tahun, masing-masing 10 orang dari tiap kelurahan.

"Jumlah penduduk lanjut usia (lansia) yang memperoleh bantuan tersebut belum mencakup semua lansia yang ada di Kota Yogyakarta karena ada keterbatasan dana," kata Kepala Bidang Rehabilitasi dan Pelayanan Sosial Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta Cahya Wijayanta di Yogyakarta, Senin.

Setiap penduduk lansia di Yogyakarta tersebut memperoleh bantuan Rp300.000 per bulan dari APBD setempat.

Berdasarkan data dari Komisi Daerah Lansia DIY, jumlah penduduk lansia di Kota Yogyakarta mencapai sekitar 2.300 orang sehingga jumlah yang memperoleh bantuan hanya sekitar enam persen dari total lansia terlantar yang ada.

Untuk menyiasati keterbatasan dana yang disiapkan melalui APBD Kota Yogyakarta, maka penduduk lansia yang memperoleh bantuan pun digilir setiap tahun sehingga penerima pada tahun ini tidak akan menerima dana pada tahun berikutnya.

Di setiap kelurahan, sudah ada daftar tunggu penduduk lansia yang akan memperoleh dana tersebut yaitu sekitar 20-25 orang.

Selain melalui APBD Kota Yogyakarta, bantuan untuk penduduk lansia juga berasal dari APBN namun dengan jumlah penerima sekitar 10 hingga 20 orang per bulan dengan dana yang diterima Rp200.000 per bulan.

"Kami akan bekerja sama dengan pekerja sosial masyarakat, forum lansia, dan berbagai komunitas lain agar bantuan yang diberikan bisa tetap sasaran dan bermanfaat untuk lansia," katanya.

Kriteria penduduk lansia yang akan memperoleh bantuan tersebut di antaranya penduduk yang tinggal sendiri, tidak diurus oleh keluarganya, lansia yang sudah tidak lagi memiliki keluarga atau keluarga tinggal jaugh.

Pemerintah Kota Yogyakarta memiliki Panti Wreda Budi Dharma, namun kapasitas panti tersebut hanya mampu menampung sekitar 60 penduduk lansia.

"Masih ada juga lansia yang belum siap masuk ke panti atau tidak mau dirawat di panti," katanya yang juga terus memberikan upaya pendampingan dan pemberdayaan lansia agar bisa lebih mandiri.

Sebelumnya, Pengurus Lansia Komda DIY Purnomo mengatakan, setidaknya ada sekitar 37.000 lansia terlantar di DIY.

Jumlah lansia terlantar perempuan lebih banyak daripada lansia laki-laki,yaituperempuan sebanyak 26.436 jiwa (71,07 persen) dan lansia laki-laki sebanyak 10.763 jiwa (28,93 persen).(ant/rd)

No comments:

Post a Comment