Tuesday, 26 February 2013

PDAM Balangan Siapkan Penerapan Sistem Online

perusahaan daerah air minum (PDAM) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, tengah mempersiapkan penerapan sistem online yang meliputi pengecekan dan pembayaran rekening tagihan air bersih.

Menurut Direktur PDAM setempat, Sundoyo di Paringin, ibu kota Balangan, Senin, rencananya sistem online tersebut akan mulai diterapkan pertengahan 2013 ini.

"Saat ini tengah dilakukan penjajakan kemungkinan kerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk mendukung penerapan sistem online tersebut," ujarnya.

Melalui penerapan sistem online, pelanggan dapat melakukan pembayaran rekening tagihan air bersih di Bank dan kantor pos baik secara langsung maupun melalui pesan singkat atau SMS.

Selain itu, ujarnya, pelanggan juga dapat melakukan pengecekan besaran pemakaian air bersih di bulan berjalan dan total tagihan yang harus di bayar, melalui SMS.

"Saat ini telah ada dua lembaga perbankan yang menyatakan kesiapan mereka untuk mendukung penerapan sistem tersebut, yaitu Bank Kalsel dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) serta Kantor Pos dan Giro," ujarnya.

Sebelumnya, pihak PDAM Balangan pada akhir 2012 lalu melakukan kunjungan dan studi banding ke PDAM Sidoarjo di Jawa Timur yang telah lebih dahulu sukses menerapkan sistem tersebut.

Ia menambahkan, dari hasil kunjungan tersebut pihak PDAM Sidoarjo telah menyatakan kesediaan mereka untuk melakukan transfer teknologi.

"Pihak PDAM Sidoarjo bahkan sudah ada datang ke sini dan melakukan presentasi tentang penerapan sistem tersebut kepada para petugas kita," tambahnya.

Selain dengan pihak perbankan dan kantor pos setempat, PDAM Balangan juga mulai melakukan penjajakan kemungkinan kerja sama dengan pihak operator seluler untuk mendukung penerapan sistem tersebut.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment