Tuesday, 26 February 2013

Disporabudpar Kapuas Berupaya Dorong Potensi Pariwisata

Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah berupaya mendorong pariwisata daerah itu agar dikenal dan dikunjungi wisatawan nusantara.


"Program pada bidang pariwisata yang akan kami laksanakan pada 2013 ini antara lain Kegiatan Pemilihan Putra-Putri Pariwisata," kata Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Kapuas, Wayan Arnatha, di Kuala Kapuas, Senin.


Kegiatan lomba yang akan dilaksanakan tersebut dalam rangka Hari Jadi Kota Kuala Kapuas dan Pemerintah Kabupaten Kapuas 2013 yang rutin dilaksanakan setiap tahun dalam rangka Hari Jadi Kota Kuala Kapuas dan Pemerintah Kabupaten Kapuas. "Kabupaten Kapuas pada 2010 pernah mewakili Kalteng di tingkat nasional," katanya.


Kemudian mengikuti kegiatan Festival Seni Budaya Isen Mulang di Palangka Raya yang juga setiap tahun dilaksanakan.


Disporabudpar Kabupaten Kapuas juga akan menggelar Wisata Kuliner serta Budaya Laluhan yakni satu tradisi perang Batang Suli.


"Semestinya ada beberapa kegiatan yang dapat kami ikuti dalam mendorong bidang pariwisata ini, tetapi dana Pemerintah Kabupaten Kapuas sangat terbatas, sehingga tidak bisa mengikuti kegiatan pameran kepariwisataan di luar Provinsi Kalteng," katanya.


Ia mengatakan dengan berbagai program tersebut diharapkan dapat memperkenalkan kepariwisataan di Kalteng pada umumnya serta Kabupaten Kapuas pada khususnya kepada masyarakat.


Seperti Wisata Kuliner, diharapkan memotivasi masyarakat daerah itu terhadap kuliner daerah yang menjadi andalan, misalnya Kerupuk Pakis atau Kelakai, Singkah Rotan yang tidak ada di daerah lainnya.


Sehingga diharapkan melalui berbagai kegiatan tersebut promosi pariwisata Kabupaten Kapuas semakin dikenal di tingkat nasional, harapnya.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment