Thursday, 21 February 2013

Gorontalo Seriusi Pembangunan Transmigrasi

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo terus seriusi pembangunan transmigrasi di daerah, sehingga Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) memberikan penghargaan "Transmigration Award 2012" kategori "makarti nayotama".


Bupati Gorontalo, David Bobihoe Akib, Kamis, mengakui bangga mensyukuri penghargaan diberikan Kemenakertrans RI, yang dinilai mampu menjadi daerah tujuan transmigrasi.


"Sebab pemerintah daerah dinilai memiliki keseriusan dalam mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya para transmigran," ujar Bupati.


Anugerah Transmigration Award 2012 kategori makarti nayotama kepada Kabupaten Gorontalo, diberikan karena kesungguhannya yang menyambut baik kedatangan para transmigran di daerah itu, bahkan mereka diberikan pelayanan yang sama seperti halnya warga setempat.


"Pemerintah daerah memang sangat menseriusi pembangunan di bidang transmigrasi," ungkap Bupati.


Penghargaan yang diserahkan Menakertrans Muhaimin Iskandar kepada Pemerintah Kabupaten itu, diterima langsung Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Ronny Akib belum lama ini.


Ronny mengatakan, penghargaan tersebut diberikan karena Kabupaten Gorontalo dinilai sukses melaksanakan program transmigrasi.


Dimana pembangunan transmigrasi di daerah ini, berhasil menjadi percontohan bagi daerah lain.


Khususnya implementasi desain pembangunan perumahan bagi warga transmigran dengan spesifikasi rumah batu secara keseluruhan kualitas semi permanen.


Perumahan ini memiliki kualitas diatas standar perumahan transmigrasi sebelumnya, yang hanya dibangun dengan model setengah permanen terdiri dari batu bata dan papan.


Sebelumnya Direktorat Jenderal (Dirjen) Transmigrasi Kemenakertrans, melakukan peninjauan terkait mekanisme kehidupan yang dijalani para transmigran yang baru dua tahun menempati lokasi yang disediakan.


Para transmigran itu, dinilai berhasil mengelolah lahan usaha yang disediakan pemerintah daerah, sehingga pemerintah pusat menilai jika lokasi transmigrasi di kabupaten ini, memiliki potensi perkembangan yang pesat.


"Layak berkembang, layak lingkungan, layak hidup, dan layak usaha," Kata Ronny yang mengakui jika penghargaan tersebut merupakan hadiah istimewa pemerintah daerah kepada masyarakat di daerah ini, khususnya para transmigran di Desa Puncak Kecamatan Pulubala.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment