Thursday 21 February 2013

APBD Bengkalis Rp4,7 Triliun Disahkan Tengah Malam

Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bengkalis, Riau, sebesar Rp4,7 triliundisahkan oleh legislator dan eksekutif setempat pada Rabu (20/2) tengah malam atau tepatnya jelang pukul 24.00 WIB.

pengesahan apbd melalui Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat itu secara mendadak dengan tidak dihadiri oleh Bupati Bengkalis Herliyan Saleh.

Pengesahan anggaran yang telah telat lebih dari dua bulan itu antara lain dihadiri oleh Wakil Bupati Bengkalis Suayatno dan Sekretaris Daerah Asmaran Hasan.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis Hidayat Tagor Nasution mengatakan pengesahan apbd itu dilakukan atas dasar beberapa pertimbangan.

"Seperti sudah masuk dan selesainya finalisasi anggaran antara Badan Anggaran DPRD Bengkalis dengan satuankerja perangkat daerah (SKPD)," katanya.

Mengingat besaran APBD 2013 Bengkalis mencapai lebih dari Rp4,7 triliun, kata dia, maka DPRD merasa perlu melakukan pembahasan dengan ekstra hati-hati.

"Apalagi banyak ditemukan kegiatan yang tumpang tindih atau sama di sejumlah SKPD sehingga perlu ekstra hati-hati," katanya.

Wakil Bupati Bengkalis Suayatno mengatakan pada Rancangan APBD itu alokasi terbesar adalah untuk pendidikan, yakni mencapai maksimal 27 persen.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, kata dia,APBN menganggarkan alokasi dana sekitar 20 persen untuk pendidikan.

Namun, katanya, pemkab setempat justru melebihi angka tersebut dengan alokasi dana pendidikan setiap tahun antara 22-27 persen.

"Kami terus melakukan peningkatan mutu dengan mengimbangipeningkatan SDM untuk menciptakan sekolah yang nyaman dan berkualitas. Untuk itu sejak Tahun 2005, anggaran pendidikan di Kabupaten Bengkalis melebihi anggaran yang ditetapkan Pemerintah Pusat," katanya.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment