Thursday, 21 February 2013

Jalinsum Padangpanjang-Solok Butuh Perbaikan

Jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Padangpanjang-Solok yang melintasi Nagari Batipuh, Tanahdatar bagian Barat butuh perbaikan.


"Ada beberapa titik jalan lintas Padangpanjang-Solok mengalami rusak parah dan berlobang, sehingga kendaraan yang melintas butuh ekstra hati-hati jika tidak ingin mengalami kecelakaan tunggal maupun bersama kendaraan lainnya," kata salah seorang warga Nagari Batipuh, Tanahdatar, Kamis.


Dia mengatakan, jalan lintas baik menuju Solok maupun Tanahdatar dari Kota Padangpanjang ada beberapa kilometer yang mengalami rusak parah.


"Kondisi itu sudah berlangsung sejak 2012. Jenis kendaraan seperti truk bermuatan berat yang melintas juga memicu kerusakan pada bagian badan jalan," kata dia.


Dia mengharapakan kepada pemerintah agar bisa memperbaiki kondisi jalan yang sudah tidak representatif lagi tersebut, sehingga pengendara bisa lebih nyaman ketika melintas kawasan tersebut.


"Tidak sedikit pengendara mengalami kecelakaan, baik roda dua maupun empat dan lebih ketika tidak mengenal medan jalan di sepanjang Nagari Batipuh ini," kata dia.


Hal yang sama juga disampaikan warga nagari Pariangan, Rusdi. Dimana jalan yang menghubungkan Kota Padangpanjang dan Tanahdatar tersebut tidak representatif lagi dan butuh perbaikan.


Kondisi jalan yang kriting, jarak tempuh dari Batusangkar ke Kota Padangpanjang yang memiliki jarak sekitar 30 kilometer saat ini membutuhkan waktu sekitar satu jam, padahal sebelumnya hanya membutuhkan waktu 30 menit," kata dia.


Permintaan yang sama juga datang dari pengendara kendaraan umum jurusan Batusangakar-Bukittinggi via Padangpanjang Ronal. Menurut dia, sudah seharusnya jalan lintas tersebut diperbaiki karena bisa menyebabkan kecelakaan lalulintas.


Semoga pemerintah melalui instansi terkait bisa memperbaiki kondisi jalan lintas Padangpanjang - Solok yang melintas di kawasan nagari Batipuh, Tanahdatar ini, sehingga masyarakat bisa nyaman mengendara kendaraan," harapan dia.


Sementara Wali Nagari Batipuh Khairul Anwar membenarkan adanya ruas jalan lintas Sumatera yang melintasi daerah itu rusak dan butuh perbaikan.


Sudah saatnya pemerintah pusat, maupun provinsi dan daerah melakukan perbaikan jalan tersebut, sehingga pengendara tidak lagi mengalami kecelakaan dan dampak lainnya dari kerusakan jalan ketika melintas di jalur tersebut," kata dia.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment