Tuesday, 26 February 2013

Bulog Sumsel Baru Salurkan Raskin 1.500 Ton

Perum Bulog Divisi Regional Sumatera Selatan hingga sekarang ini baru menyalurkan beras untuk masyarakat miskin (raskin) di daerah itu sebanyak 1.500 ton.

"Kita baru menyalurkan 1.500 ton, karena memang baru dilakukan," kata Kepala Perum Bulog Divre Sumsel Bambang Napitapulu ketika meninjau gudang beras di Palembang, Senin.

Menurut dia, dari 12 ribu yang akan disalurkan, berarti sekitar 10 persen. "Setiap hari kita optimalkan penyalurannya," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya mulai menyalurkan raskin itu pada Minggu ketiga Januari 2013.

"Sekarang mulai melakukan penyaluran raskin untuk dua alokasi yakni Januari dan Februari pada bulan ini. Kalau masih ada sisanya disalurkanMaret dengan catatan pagunya bulan per bulan, ujarnya.

Ia mengatakan, beras di gudang Bulog itu adalah penyerapan pada 2012 dengan masa simpan sekitar 4-5 bulan.

Dengan masa simpan itu tentu ada perubahan warna dan beras ini setiap tiga pekan sampai satu bulan dilakukan fumigasi untuk perawatan.

"Kalau tumbuh semacam hama, fumigasi dilakukan tiga bulan sekali dan ini dijamin tidak berbahaya untuk dikonsumsi," ujarnya.

Sementara itu, stok beras di gudang Bulog saat ini sebanyak 33.695 ton,cukup untuk memenuhi kebutuhan selama 4,6 bulan ke depan.

"Kami terus melakukan pembelian beras petani di daerah-daerah yang sedang panen," katanya.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment