Tuesday, 26 February 2013

KPU Pamekasan Rekrut 1.582 "Pantarlih"

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan, Madura, akan merekrut sebanyak 1.582 panitia pendaftar pemilih (Pantarlih) untuk pelaksanaan pemilihan gubernur (Pigub) Jatim pada Agustus 2013.

Menurut anggota KPU Pamekasan Agus Kasianto, Senin, jumlah "Pantarlih" yang akan direkrut itu sesuai dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS).

"Pantarlih ini nantinya akan bertugas melakukan verifikasi faktual jumlah pemilih terdaftar di masing-masing TPS," katanya menjelaskan.

Menurut dia, saat ini pihaknya telah mengumumkan rekrutmen anggota "Pantarlih" itu melalui camat dan aparat desa yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan.

Jumlah anggota "Pantarlih" yang dibutuhkan pada pelaksanaan pilgub Jatim kali ini, sama dengan jumlah panitia pada pelaksanaan pilkada Pamekasan pada 9 Januari 2013.

Agus menjelaskan, khusus anggota "Pantarlih" kemungkinan pihaknya akan menggunakan anggota lama dengan alasan karena mereka sudah berpengalaman dan telah mengetahui situasi dan kondisi masyarakat di wilayah masing-masing.

Sedangkan khusus untuk anggota panitia pemungutan suara (PPS) dan panitia pemilihan kecamatan (PPK) menurut Agus bisa berubah, karena yang menjadi pertimbangan utama dalam pelaksanaan rekrutmen PPK dan PPS itu adalah kemampuan personel.

"Kalau pengumuman rekrutmen anggota PPS dan PPK ini sudah kami umumkan sejak 23 Februari kemarin," katanya menjelaskan.

Jumlah panitia pelaksanaan yang dibutuhkan pada Pilgub Jatim pada Agustus 2013 nanti sebanyak 2.214 orang, meliputi 65 anggota PPK, 567 anggota PPS dan 1.582 anggota "Pantarlih".(ant/rd)

No comments:

Post a Comment