Tuesday, 26 February 2013

Gelombang di Bengkulu Berpeluang Capai Tujuh Meter

Analis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu memprakirakan, gelombang laut perairan Bengkulu berpelung tinggi mencapai tujuh meter, meskipun dalam prakiraan sementara lima meter.

Sementara gelombang laut di perairan Enggano tingginya mencapai enam meter dan gelombang laut Barat Bengkulu mencapai tujuh meter, kata analis BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Harist Sahid Hakim, Selasa.

Ia mengatakan, prakiraan peringatan dini BMKG, kurun waktu 12 jam ke depan berpeluang gelombang laut tinggi antara empat hingga tujuh meter, terutama di Perairan Bengkulu, Perairan Enggano, dan Samudera Hindia Barat Daya Bengkulu.

Selain itu, ancaman akan angin kencang disertai hujan lebat juga tetap berpotensi karena kecepatan angin saat ini berkisar 28-35 knots atau rata-rata sekitar 50 kilometer per jam.

Angin di perairan Bengkulu berpeluang berhembus dari arah Barat laut hingga Timur laut dengan kecepatan berkisar 05-28 knots, di wilayah itu juga berpeluang hujan ringan.

Sedangkan angin di perairan Enggano berhembus dari arah Barat hingga Utara dengan kecepatan berkisar 05-32 knots dan angin di perairan Barat Bengkulu berhembus juga dari arah Barat hingga Utara dengan kecepatan berkisar 10-35 knots.

Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di wilayah Sumatera Barat, Mentawai, Bengkulu, Enggano, Palembang, Lampung serta Samudera Hindia Barat Nias hingga Barat Lampung.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Barat hingga Timur Laut dengan kecepatan berkisar 09 - 45 km/ jam atau 05 - 25 knots.

Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu pada umumnya berawan hingga hujan ringan, terutama di Bengkulu Selatan, Rejang Lebong dan Kabupaten Seluma, suhu udaranya berkisar 23-31 derajat Celcius dan kelembaban antara 63-98 persen, ujarnya. (ant/as)

No comments:

Post a Comment