Friday 8 February 2013

Pembangunan Huntap Mentawai Ditargetkan Selesai Akhir 2013

Pembangunan hunian tetap bagi korban gempa bumi dan tsunami di Kabupaten Kepuluan Mentawai, Sumatera Barat, ditarget selesai pada akhir 2013.


"Seluruh proses pembangunan huntap di Mentawai ditargetkan selesai pada akhir tahun ini," kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif di Padang, Jumat.


Menurut dia, Kementerian Kehutanan telah mengeluarkan Izin Pengelolaan Kayu (IPK) seluas 3.980 hektare dalam pengolahan kayu untuk pembangunan huntap bagi korban gempa dan tsunami Mentawai.


Di atas lahan tersebut dilakukan land clearing dan pemanfaatan kayu serta pembangunan huntap. Pengerjaan proyek ini akan dilaksanakan oleh Primer Koperasi Angkatan Darat (Primkopad) Korem 032 Wirabraja Sumbar,"ungkap dia.


Sudah mendapatkan izin pengelolaan kayu dari Kementerian Kehutanan. Sekarang kita menunggu tim dari Primkopad untuk melakukan tapal batas dan crosing, penghitungan jumlah kayu dipakai dalam pembangunan huntap,"ungkap dia.


Saat ini lanjut Syamsul Maarif sedang dilakukan berbagai persiapan alat-alat dalam pembangunan huntap di Mentawai bagi korban gempa dan Tsunami. "Mudah-mudahan Korem Sumbar melakukan tapal batas selesai dikerjakan, sehingga pembangunan huntap segera dilakukan,"ujar dia.


Sementara itu Dandrem Sumbar Kol Inf Amrin menyatakan beberapa orang prajurit TNI Korem Sumbar telah berada di Mentawai dalam melakukan tapal batas penghitungan jumlah kayu yang dipakai.


"Mereka diberangkatkan dari Kota Padang pada 31 Januari menuju Mentawai, dalam melakukan tapal batas,"kata dia.


Menurut dia, para prajurit TNI berada di Kabupaten Mentawai selama 25 hari untuk melakukan tapal batas dalam penghitungan jumlah kayu dipakai untuk membangun hunian tetap (huntap) bagi korban tsunami.


"Korem Sumbar akan segera melakukan penebangan pohon jika proses 'land clearing' dan tapal batas selama 25 hari selesai dikerjakan,"ungkap dia.


BNPB telah mengucurkan dana untuk rehabilitasi dan rekonstruksi Mentawai sebesar Rp486 miliar. Rinciannya, Rp287 miliar untuk huntap lingkungan hidup dan sanitasi, Rp200 miliar lagi untuk sektor ekonomi, sosial budaya dan lainnya.


Huntap untuk korban gempa dan tsunami Mentawai, Oktober 2010, akan dibangun di tiga pulau besar, yakni Pagai Utara, Pagai Selatan, dan Sipora. Jumlah hunian yang dibangun berdasarkan SK Bupati Mentawai sebanyak 2.072 unit.


Huntap yang akan dibangun itu di Kabupaten Mentawai sebanyak 2.072 unit dengan anggaran sebesar Rp486 miliar.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment