Friday 8 February 2013

Bupati Serahkan DP4 Ke KPU Kutai Timur

Bupati Kutai Timur Isran Noor menyerahkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) Tahun 2014 kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kutai Timur, Ir. Hj Rusmiyati.


Dalam acara yang berlangsung di Lantai II Ruang Tempudau, Sekretariat Kabupaten, Kamis (7/2), Ketua KPU Kutai Timur Hj Rusmiyati meminta dukungan semua pihak untuk melaksanakan dan menyukseskan pemilu, karena pemilu bukan saja merupakan kegiatan KPU namun merupakan kegiatan nasional untuk memilih wakil-wakil rakyat yang akan duduk di lembaga legislatif.


Menurut Hj Rusmiyati, Pemkab telah menyerahkan DP4 dalam bentuk softcopy dan diharapkan kami mendapatkan file, sehingga sesuai dengan tahapan KPU, ada waktunya turun ke lapangan untuk melihat data jangan sampai ada pemilih yang tertinggal.


"Sebab, DPD ini juga sangat penting, karena sebagai dasar pembiayaan untuk pemilu secara nasional dan menjadi tolok ukur pemilih seluruh Indonesia," kata Rusmiyati.


Dia mengatakan, dengan DP4 juga KPU bisa menyusun berapa jumlah tps dan berapa logistik yang diturunkan per TPS dan berapa jumlah penyelenggaraan.


"Penting bagi Partai Politik peserta Pemilu, sebagai proses awal berada di tingkat RT yang nantinya bisa diketahui kantong-kantong calon pemilihnya," katanya.


Sementara itu, Bupati Isran Noor, berharap dengan diserahkannya DP4 itu proses persiapan pemilu berjalan dengan baik.


DP4, kata Isran Noor, merupakan lanjutan dari pemerintah pusat melalui para gubernur kemudian dilanjutkan ke bupati/walikota seluruh Indonesia tanggal 28 dan 29 Januari 2013 lalu.


DP4 adalah bagian upaya pemerintah dalam memperbaiki dan menyempurnakan penyelenggaraan demokrasi di Indonesia.


"Dalam DP4 yang sudah ada ini, tentu masih ditindaklanjuti oleh KPU Kabupaten/Kota dengan segala kebijakan KPU pusat, karena rencana pemerintah dapat menggunakan KPT saja dulu, tetapi ternyata tidak dijamin keakuratannya karena banyak tertinggal," katanya di depan sejumlah pejabat dan anggota DPRD.


Pada kesempatan itu juga, Bupati Isran Noor meminta seluruh Camat, Kepada Desa dan perangkatnya untuk tetap membantu KPU dalam perbaikan dan pendalaman proses untuk sampai pada daftar pemilih sementara dan pemilih tetap.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment