Wednesday 6 February 2013

PWI Jatim Gelar Pengobatan Gratis Peringati HPN

Persatuan Wartawan Indonesia cabang Jawa Timur akan menggelar kegiatan bakti sosial pengobatan gratis pada 22-24 Februari 2013, dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional dan HUT ke-67 organisasi tersebut.


Ketua Panitia Pelaksana HPN dan HUT ke-67 PWI Jatim Teguh Lulus Rachmadi di Surabaya, Rabu, mengatakan kegiatan bakti sosial yang rencananya digelar Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo, pihaknya akan menggandeng Yayasan Pundi Amal SCTV.


"Kami berkoordinasi dengan instansi terkait dari ketiga daerah tersebut untuk menentukan lokasi yang menjadi sasaran kegiatan pengobatan gratis. Yang pasti, sasarannya adalah masyarakat dari golongan ekonomi kurang mampu," katanya.


Pada setiap lokasi, lanjut Teguh, tim medis yang disiapkan panitia menargetkan pemeriksaan kesehatan kepada sedikitnya 300 orang, mulai anak-anak hingga dewasa.


Untuk di Surabaya, pengobatan gratis digelar di wilayah Kelurahan Gunung Anyar. Sementara di Sidoarjo mengambil tempat di Desa Glagah Arum, Kecamatan Porong, yang berada di luar area peta terdampak semburan lumpur, sedangkan lokasi di Gresik masih dalam survei.


Selain pengobatan gratis, PWI Jatim bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia dan Rotary Club Surabaya juga akan mengadakan kegiatan donor darah dengan target sekitar 150 orang peserta dari wartawan dan masyarakat umum.


"Donor darah menjadi agenda rutin yang dilakukan setiap memperingati HPN dan HUT PWI. Tahun lalu, peserta donor darah hampir 100 orang dan kali ini diharapkan bisa lebih banyak," tambah Teguh.


Ia menambahkan, pengobatan gratis dan donor darah merupakan dua dari beberapa agenda kegiatan yang digelar PWI Jatim dalam rangkaian peringatan HPN tahun ini.


Kegiatan lain yang juga melibatkan masyarakat adalah jalan sehat yang dijadwalkan berlangsung pada minggu pertama Maret 2013 dan diperkirakan diikuti ribuan peserta.


Sedangkan agenda lain adalah ziarah ke makam para tokoh pers Jatim, lomba karya jurnalistik Prapanca, pemilihan atlet dan pelatih terbaik SIWO PWI Jatim, lomba karaoke, seminar, dan penganugerahan PWI Jatim Award pada puncak peringatan HPN yang digelar 15 Maret 2013.


Gubernur Jatim Soekarwo saat menerima kunjungan pengurus PWI beberapa hari lalu menyambut positif dan mendukung berbagai kegiatan yang dilakukan PWI dengan melibatkan kalangan masyarakat.


Bahkan, pria yang akrab disapa Pakde Karwo itu siap bergabung dalam beberapa kegiatan tersebut, terutama jalan sehat yang mengambil start dan finis di Gedung Negara Grahadi, serta resepsi peringatan HPN di Gresik.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment