Wednesday 6 February 2013

BPBD Belum Terima Laporan Kerusakan Akibat Gempa

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat belum menerima laporan kerusakan bangunan akibat gempa berkekuatan 5,6 skala Richter yang mengguncang Kabupaten Pesisir Selatan, Kamis, sekitar pukul 05.00 WIB.


"Berdasarkan laporan sementara, belum ada kerusakan. Posko terus melakukan pemantauan," kata Koordinator Pusdalops Penanggulangan Bencana BPBD Sumbar Ade Edward.


Menurut dia, guncangan gempa yang dirasakan warga cukup kuat dengan pusat gempa berada di laut sekitar 56 kilometer barat daya Pesisir Selatan dengan kedalaman 10 kilometer.


"Warga tidak perlu khawatir gempa dengan kekuatan 5,6 SR tersebut tidak ada menimbulkan tsunami," kata dia.


Ia mengingatkan, warga perlu waspada jika terjadi gempa segera ke luar rumah untuk menghindari tertimpa runtuhan bangunan.


Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa dengan kekuatan 5,6 SR berlokasi 1.51 Lintang Selatan (LS)- 100.18 Bujur Timur (BT) berpusat di laut 56 kilometer barat daya Pesisir Selatan dengan kedalaman 10 kilometer.


Gempa yang terjadi itu tidak menimbulkan tsunami. Gempa tersebut juga dirasakan di Kota Padang, Panjang, Pariaman, Sementara itu, Santi, warga Kota Padang, menyatakan saat terjadi gempa dirinya mau shalat Subuh.


"Guncangnya cukup kuat, saya langsung ke luar rumah khawatir bangunan rubuh," katanya.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment