Monday, 19 May 2014

Seleksi Komisioner KID Sumbar Perlu Transparan

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) pers padang, menyatakan, seleksi komisioner Komisi Informasi Daerah (KID) Sumatera Barat perlu dilakukan secara transparan dengan mempublikasikannya kepada masyarakat.


Direktur LBH pers padang Rony Saputra di Padang, Selasa, mengatakan, tim seleksi bagi komisioner KID Sumbar, perlu dilakukan secara transparan, dan diketahui secara luas oleh masyarakat sesuai keputusan KI Pusat tentang Perubahan Pedoman Pelaksanaan Seleksi Dan Penetapan Anggota KI Provinsi dan kabupaten/kota.


"Dari 12 Mei 2014, tim seleksi KID Sumatera Barat, telah membuka pendaftaran untuk calon anggota, dan saat ini tim tersebut tengah melakukan evaluasi administrasi, kita berharap setiap proses seleksi yang dilakukan dapat disampaikan pada masyarakat," kata Roni.


Ia menambahkan, transparansi proses seleksi anggota KID oleh tim seleksi sangat penting agar masyarakat dapat mengetahui perkembangan pembentukan Komsisi Informasi Derah Sumatera Barat secara detail.


Hal tersebut menurut LBH pers padang juga sesuai dengan surat keputusan dari Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia.


Berdasarkan informasi pihak terkait, jumlah pendaftar yang mencalonkan diri menjadi anggota KID Sumbar, mencapai 55 orang, yang disampaikan melalui Surat Pengumuman tim seleksi Nomor 02/pengumuman/timsel/KIP-SB/IV/2014 tertanggal 13 Mei 2014, 30 orang diantaranya, diantaranya dinyatakan lolos untuk tahap berikutnya.


Dalam pengumuman tersebut, dijelaskan 30 calon yang lolos administrasi akan melaksanakan tes tertulis pada Rabu, 21 Mei 2014.


Sehubungan dengan itu, LBH pers padang juga mengajak masyarakat untuk terus melakukan pemantauan terhadap proses seleksi tersebut.


"Kita mengimbau masyarakat melakukan pengawasan terhadap pembentukan Komsisi Informasi Derah Sumatera Barat, agar anggota KID yang terpilih benar-benar orang yang mempunyai kapasitas dan kompetensi yang sesuai," jelasnya.


Roni menambahkan, selain itu, dalam hal publikasi di media massa, LBH pers padang menyarankan kepada tim seleksi agar dilakukan di media massa yang mudah diakses oleh masyarakat luas.(ant/vaa)

No comments:

Post a Comment