Sunday, 18 May 2014

Disdik : Soal US SD Hanya Satu Paket


dinas pendidikan Kota Semarang menyebutkan soal ujian sekolah (US) jenjang SD dan sederajat hanya satu paket, tidak dibedakan 20 paket seperti ujian nasional SMP dan SMA sederajat.


'Dulu kan ada UN SD, sekarang diganti ujian sekolah. Mata ujiannya Matematika, Bahasa Indonesia, dan IPA,' kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah Disdik Kota Semarang Sutarto di Semarang, Minggu malam.


Hal itu diungkapkannya di sela-sela persiapan memantau pengamanan penyimpanan naskah US SD di sejumlah panitia subrayon yang tersebar di 16 kecamatan untuk memastikan kesiapan penyelenggaraan US SD di Kota Semarang.


Ketua Panitia Penyelenggara UN Kota Semarang itu menjelaskan pelaksanaan US SD dibagi koordinasinya dalam 16 panitia subrayon yang merupakan unit pelaksana teknis dinas (UPTD) pendidikan kecamatan.


Kalau pada pelaksanaan UN SMP dan SMA sederajat, kata dia, kepanitiaan subrayon diserahkan pada perwakilan sekolah, sementara pada pelaksanaan US SD diserahkan pada 16 UPTD pendidikan kecamatan yang ada.


Ia memastikan persiapan pelaksanaan US SD yang rencananya dimulai pada 19-21 Mei 2014 sudah berjalan baik, termasuk pendistribusian naskah soal UN ke panitia subrayon yang dilakukan pada Minggu (18/5) pagi.


'Naskah soal US SD sudah kami distribusikan ke 16 panitia subrayon. Malam (18/5) ini, kami akan mengecek ke panitia subrayon. Bagaimana kesiapannya, pengamanannya, dan sebagainya,' kata Sutarto.


Jumlah naskah soal US SD dan madrasah ibtidaiyah (MI) sebanyak 1.510 boks, kata dia, ditambah tujuh boks untuk SD luar biasa dengan jumlah keseluruhan peserta US SD yang tercatat sebanyak 14.945 siswa.


'Untuk US SD, komposisi soalnya 25 persen dari pusat dan 75 persen dari daerah, dalam kaitan ini Disdik provinsi. Berbeda dengan UN SMP dan SMA sederajat yang seluruhnya bersumber dari pusat,' katanya.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment