Sunday, 18 May 2014

Truk Antri Pelabuhan Gilimanuk Tiap Malam

Truk harus antre cukup panjang tiap malam di Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali, untuk menyeberang ke Jawa, karena ada perbaikan dermaga kapal barang.

'Satu dermaga untuk kapal barang memang kami renovasi, untuk menjadi dermaga kapal penumpang. Sekarang dermaga kapal barang tinggal dua, dari sebelumnya tiga,' kata Manajer Operasional PT ASDP Indonesia Ferry Gilimanuk, Wahyudi Susianto di Negara, Bali, Sabtu.

Dia mengatakan, antrean truk tidak sampai lama, yang rata-rata sudah habis diseberangkan saat dinihari.

'Memang seminggu terakhir ada antrean truk, tetapi menjelang dinihari sudah habis semua kami seberangkan. Setelah renovasi dermaga ini selesai, semuanya akan kembali normal,' ujarnya.

Pantauan di lapangan, sejak renovasi dermaga tersebut, antrean truk terjadi setiap malam, yang biasanya dimulai pukul 20.00 wita, dan sekitar pukul 21.00 wita, antrean sudah sampai di Pasar Gilimanuk, yang berjarak sekitar satu kilometer dari pelabuhan.

Untuk mengurangi antrean, otoritas pelabuhan mengarahkan truk kecil untuk menyeberang dengan menggunakan kapal penumpang, namun tidak banyak membantu karena bus dan kendaraan pribadi, juga cukup banyak yang harus diseberangkan.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment