Sunday, 18 May 2014

1.500 Peserta Ramaikan Festival Rujak Uleg Surabaya

Sebanyak 1.500 peserta ramaikan festival rujak uleg yang digelar di Jalan Kembang Jepun tepatnya kawasan kya kya Kota Surabaya, Minggu, dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-721 kota Surabaya.

Salah satu peserta festival rujak uleg warga Kelurahan Gundih, Nurhayati, mengatakan dalam festival ini, warga Gundih membuat kostum kreasi bernama kebo. Kostum ini dipenuhi dengan manik-manik dan memiliki layar menjulang berwarna biru setinggi 2 meter.

'Selama satu minggu, kami telah mempersiapkan kostum dan make up wajah. Kami berharap agar keluar sebagai peserta terbaik dalam festival rujak uleg ini,' katanya.

Dimulainya festival ini ditandai dengan aksi Wali Kota Surabaya tri rismaharini menguleg bumbu rujak dalam sebuah kuali raksasa berdiameter 1 meter yang kemudian dibagi-bagikan kepada warga masyarakat secara gratis.

Rujak uleg dikenal sebagai menu kuliner khas Kota Surabaya yang setiap setahun digelar festival. Kegiatan ini melibatkan 1.500 orang berpakaian unik layaknya karnaval untuk meracik menu kuliner rujak.

Mereka menggunakan kostum unik mulai dari kostum kontemporer, tokoh pewayangan hingga kostum piala dunia. Bahkan peserta yang mengenakan kostum seunik mungkin menjadi salah satu penilaian sebagai 10 peserta terbaik.

Selain itu, dalam festival ini para peserta akan dinilai kekompakan dalam beryel-yel dan berjoged sebelum meracik rujak, rasa rujak dan kebersihan penyajian rujak.

Sebanyak 10 peserta terbaik akan keluar sebagai pemenang untuk mendapatkan hadiah sebuah sepeda.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment