Sunday, 18 May 2014

TKC Wakili Kaltim Pada Carnival Di Jember

tenggarong kutai carnival (TKC) akan mewakili Kalimantan Timur pada kegiatan Wonderful Artchipelago Carnival Indonesia (WACI) yang dijadwalkan berlangsung pada 23 Agustus 2014 di Jember, Jawa Timur.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kutai Kartanegara Sri Wahyuni, Sabtu mengatakan, sebanyak 35 talent TKC, 12 orang di antaranya merupakan pemenang kegiatan TKC pada Festival Kota Raja tahun lalu, sedangkan sisanya dipilih berdasarkan seleksi akan tampil pada pagelaran WACI tersebut.

Saat tampil di WACI mendatang, menurut Sri Wahyuni, talent TKC akan membawakan kostum dengan tema Belian, Seraong dan Anggrek.

'Tiga tema itu mewakili gambaran budaya, kesenian dan alam Kutai Kartanegara, sehingga sedikit memperkenalkan daerah ini melalui kostum karnival,' ungkap Sri Wahyuni pada 'Coaching Clinic' dan rapat persiapan WACI oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di hotel Grand Elty, Tenggarong, Sabtu.

Sebagai persiapan, pihak TKC dan Disbudpar Kutai Kartanegara, kata Sri Wahyuni, telah melakukan rapat persiapan dan pembekalan bagi 35 talent tersebut, kemudian mengikuti 'Coaching Clinic' dan rapat persiapan WACI pada 17-18 Mei 2014.

Selanjutnya, pada 25 Mei 2014 juga dilakukan pemeriksaan kostum sekaligus gladi untuk penyesuaian koreografi saat tampil pada kegiatan WACI tersebut.

'Saya rasa, ke-35 talent TKC ini cukup siap karena mereka setidaknya sudah pernah mengikuti karnival dan sebelumnya mengikuti workshop tentang karnival,' kata Sri Wahyuni.

Sementara, Ketua Asosiasi Karnaval Indonesia (AKARI) Dynan Fariz mengatakan TKC pantas mengikuti WACI karena merupakan bagian dari DPD AKARI Kaltim dan juga TKC aktif secara berturut-turut melaksanakan kegiatan.

'Jadi, reputasi TKC sudah jelas dan secara kontinyu tiap tahun TKC menggelar kegiatan,' ujar Dynan Fariz.

Sementara, Nur Fatonah dari Dirjen Pengembangan Wisata Minat Khusus, Konvensi, Insentif, dan Even Kemenparekraf menjelaskan, WACI diselenggarakan bersama AKARI merupakan etalase visualisasi karnaval di Indonesia, yang memiliki karakteristik masing-masing daerah untuk dipublikasikan ke seluruh dunia.

Kegiatan WACI tahun ini, kata dia, merupakan yang pertama dilaksanakan yang diikuti enam provinsi yaitu DKI Jakarta, Bali, Kepulauan Riau, Kaltim, Jawa Tengah, dan Bangka Belitung serta Jawa Timur sebagai tuan rumah.

Adapun karnival yang ikut serta dari provinsi terbut yakni, Jember Fashion Carnaval (JFC), Solo Batik Carnival, tenggarong kutai carnival, Bangka Belitung Carnival, Kuta Carnival, Jakarnaval, Gading Night Carnival, dan Semarang Night Carnival.

Ia juga menjelasakan WACI dilaksanakan di Jember karena pada Agustus tersebut, bertepatan dengan kegiatan Jember Fashion Carnaval International Event yang sudah mendunia, sehingga WACI mendapat peluang untuk diliput ribuan media dan photografer internasional yang sudah ada di Jember.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment