Sunday, 18 May 2014

12 Kota di Sumsel Hujan Ringan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika sumatera selatan memprakirakan 12 kota di provinsi berpenduduk sekitar 8,6 juta jiwa itu diguyur hujan ringan.


"Berdasarkan pengamatan melalui satelit cuaca, hari ini sebagian besar wilayah Sumsel berpeluang turun hujan ringan dan tiga kota lainnya diprakirakan hujan sedang," kata Kasi Observasi dan Informasi Stasiun Klimatologi Kenten BMKG Sumsel Indra Purnama di Palembang, Senin.


Kota yang diprakirakan hujan ringan, yakni Palembang, Baturaja, Kayu Agung, Lahat, Musirawas, Sekayu, Pangkalanbalai, Indralaya, Tebingtinggi, Pagaralam, Lubuklinggau, dan Prabumulih.


Tiga kota yang berpotensi diguyur hujan dengan intensitas curah hujan yang tergolong sedang, yakni Kota Muara Enim, Martapura, dan Muaradua.


Sementara itu, kota yang berpotensi hujan ringan diprakirakan memiliki suhu udara berkisar 22-32 derajat Celsius, kelembapan udara berkisar 60-97 persen, kecepatan angin sekitar 25 kilometer per jam dengan arah angin seluruhya menuju tenggara.


Kota yang diprakirakan berpotensi hujan dengan intensitas curah hujan sedang memiliki suhu udara berkisar 22-33 derajat Celsius, kelembapan udara berkisar 58-97 persen, kecepatan angin sekitar 30 km/jam dengan arah angin menuju tenggara.


Kondisi cuaca di wilayah provinsi yang memiliki 15 kabupaten dan kota itu pada bulan Mei 2014 masih relatif sering hujan meskipun intensitas curah hujannya diprakirakan sedikt lebih rendah daripada pada bulan sebelumnya atau di bawah 300 milimeter, kata Indra.(ant/vaa)

No comments:

Post a Comment