Monday, 19 May 2014

Panitia Siapkan Seputih Timur Jadi Kabupaten Baru

Kecamatan seputih timur yang merupakan wilayah Kabupaten Lampung Tengah di Provinsi Lampung disiapkan untuk segera memisahkan diri menjadi kabupaten baru pada tahun 2015, dengan ibu kota Kecamatan Buminabung.

'Tahun 2015 nanti seputih timur diharapkan akan memisahkan diri dari Kabupaten Tengah, dan akan segera menjadi kabupaten baru dengan nama Lampung seputih timur yang meliputi delapan kecamatan,' kata ketua panitia pemekaran wilayah timur, Salbari, di Gunung Sugih, Lampung Tengah, Senin.

Dia menyebutkan delapan kecamatan tersebut, yaitu Kecamatan Seputihbanyak, Wayseputih, Bandarmataram, Rumbia, Putrarumbia, Buminabung, Seputihsurabaya, dan Kecamatan Bandarsurabaya.

Menurut Salbari, dalam waktu dekat Pemprov Lampung akan meninjau lokasi sekaligus mengecek kesiapan daerah tersebut.

'Jika provinsi sudah melihat kesiapan dan menadatangani berkas, maka tim bersama dengan pihak provinsi akan mengawal berkas tersebut hingga terwujud impian kita semua,' katanya lagi.

Berkaitan pemilihan lokasi ibu kota kabupaten di Buminabung dia menjelaskan, keputusan itu mempertimbangkan letaknya yang strategis, dan juga kecamatan ini masih perlu pembangunan karena di wilayah timur masih tertinggal.

'Kita pilih Buminabung agar kecamatan ini cepat berkembang. Kalau kita tempatkan di Rumbia atau di Simpangrandu, Wayseputih di Kecamatan Buminabung tidak akan berkembang,' katanya lagi.

Salbari menegaskan jika sudah resmi menjadi kabupaten baru, maka pihaknya akan segera membangun jembatan untuk menghubungkan Kecamatan Bandarmatram dan Seputihsurabaya yang dipisahkan oleh Sungai Wayseputih.

Sedangkan untuk pusat perekonomian, akan dipusatkan di Rumbia.

Dia pun yakin kecamatan lain juga akan mengikuti kemajuan daerah tersebut.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment