Sunday, 18 May 2014

Rekonstruksi Gerabah Dorong Pelajar Kerja Sama

balai arkeologi (Balar) Ambon mendorong pelajar sma di kota itu untuk belajar bekerja sama melalui lomba rekonstruksi gerabah yang akan digelar di aula Balai Pelestarian Nilai Budaya setempat pada 25 Mei 2014.

'Ada nilai-nilai filosofi dari rekonstruksi gerabah, yakni aspek kerja sama dan persatuan yang kita dorong, bagaimana mereka bisa saling bekerja sama dalam satu tim untuk merekonstruksi kembali gerabah yang sudah pecah,' kata arkeolog Balar Ambon Marlon Ririmasse di Ambon, Minggu.

Ia menjelaskan dalam lomba mendatang, para pelajar akan dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai asal sekolah masing-masing. Setiap kelompok terdiri atas tiga hingga empat orang.

Setelah dibagi per kelompok, mereka diharuskan untuk bekerja sama merekatkan gerabah tradisional maluku yang berbahan dasar tanah liat, seperti 'sempe' dan belanga yang sudah pecah agar kembali menjadi utuh.

Dia mengatakan tim yang memenangkan lomba rekonstruksi akan diberi hadiah, berupa piagam, uang pembinaan, dan referensi arkeologi agar bisa dijadikan sebagai bahan tambahan pelajaran mereka.

'Gerabah yang akan direkonstruksi adalah jenis yang biasa dipakai orang Maluku, misalnya 'sempe' dan belanga, bisa juga model-model yang lebih kompleks, nantinya sebelum pelaksanaan kegiatan akan ada simulasi kecil bagi peserta,' katanya.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment