Saturday, 2 March 2013

Kota Payakumbuh Terima IMP Award Dari Presiden

Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, menerima penghargaan Inovasi Manajemen Perkotaan Award dari Presiden susilo bambang yudhoyono melalui Kementerian Dalam Negeri karena kepala daerah-nya dinilai memiliki inovasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Penghargaan imp award itu diserahkan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dan diterima langsung Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi dalam peresmian lokasi pedagang kaki lima (PKL) kuliner di kawasan Studio TV Swasta Nasional Indosiar, Grogol, Jakarta Barat, Kamis.

Ikut hadir dalam acara itu sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, Menkes Nafsiah Mboi, Menkes Perdagangan Gita Wirjawan, Menteri Koperasi UKM Syarif Hasan dan Menteri Tenaga Kerja Muhaimin Iskandar dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo serta 12 wali kota penerima imp award dan sejumlah pejabat eselon I dari kementerian terkait.

Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Kota Payakumbuh Jhon Kennedy mengungkapkan tim penilai independen imp award turun ke Payakumbuh (kategori kota sedang) pada Agustus 2012. Fokus penilaian adalah Pasar tradisional Ibuah yang dikelola dengan baik oleh Pemkot setempat sebagai pasar yang higienis (pasar sehat), pusat kuliner malam Kota Payakumbuh dan pengelolaan sampah di Kelurahan Ibuah.

"Untuk Pasar Ibuah kita mendapatkan IMP terbaik I dan untuk pusat kuliner malam kita mendapatkan imp award peringkat III. Sementara untuk pengolahan sampah, kita belum beruntung," kata dia.

Meskipun hanya memperoleh dua IMP, namun penghargaan yang diterima Kota Payakumbuh itu telah membuat nama Sumatera Barat berkibar dalam acara yang berlangsung di kawasan studio Indosiar itu.

Sebelas kota lainnya yang menerima imp award, masing-masing Surakarta dan Pekalongan, (Jateng), Yogyakarta (DI Yogyakarta), Surabaya, Probolinggo, Malang dan Blitar (Jatim), Tangerang (Banten), Bitung, dan Balik Papan (Kaltim).

Sementara itu Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi saat dihubungi melalui ponselnya, Kamis mengatakan, prestasi yang diukir Payakumbuh itu tak lepas dari komitmen pedagang kaki lima serta pedagang lainnya dalam memelihara ketertiban, kebersihan dan keindahan di Pasar Ibuah serta dikawasan PKL Kuliner Malam.

"Prestasi ini, juga tak lepas dari program berkelanjutan yang dilakukan Pemkot di bawah kepemimpinanpasangan Wali Kota Josrizal Zain dan Syamsul Bahri yang diteruskan saat ini," kata dia Pada 2011 Payakumbuh juga menerima IMP Awar dengan klasifikasi pembinaan pedagang garendong dan penataan PKL. Tapi, waktu itu, nilai Payakumbuh baru sebatas juara III.

Dalam penerimaan imp award ini, Wali Kota Riza Falepi didampingi Sekdako Irwandi, Ketua Bappeda Zulinda Kamal, Kadis Kesehatan Merry Yuliesday, Kadis Tata Ruang Kota dan Kebersihan Marta Minanda, Kadis Koperindag Indra Syofyan dan Kepala Kantor Lingkungan Hidup Syahnadel Khairi.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment