Saturday, 2 March 2013

Kemendagri Kucurkan Dana Pembantuan untuk Bone Bolango

Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengucurkan dana tugas pembantuan Rp6 miliar untuk Kabupaten Bone Bolango.


Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Kabupaten Bone Bolango, Fitri Gobel, Kamis, mengatakan bantuan tersebut dalam rangka peningkatan kapasitas pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa.


"Bantuan ini diambil dari APBN Tahun 2013," ungkap Fitri.


Dia menjelaskan, anggaran sekitar Rp6 miliar dari tugas pembantuan tersebut, diarahkan untuk pembangunan 20 unit pasar desa dan enam unit kantor desa.


Dengan rincian masing-masing, untuk pasar desa Rp4,4 miliar dan kantor desa Rp 1,7 miliar, sehingga total bantuan secara keseluruhan adalah Rp6,1 miliar.


"Pelaksanaan pembangunan setiap satu unit kantor maupun pasar desa, harus memenuhi kriteria dan membutuhkan data pendukung kelengkapan administrasi," kata Fitri.


Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, meminta keseriusan para camat dan kepala desa/kelurahan yang merupakan calon penerima bantuan itu, agar lebih seriusi dan membereskan persoalan status tanah lokasi pembangunan kantor maupun pasar desa.


Tidak mudah menyakinkan pemerintah pusat untuk bisa mengucurkan anggaran pembangunan pasar dan kantor desa tersebut, sehingga hal itu patut untuk diseriusi.


"Saya minta kelengkapan administrasi yang dipersyaratkan terhadap pembangunan kantor desa maupun pasar desa sudah selesai paling lambat minggu ke tiga bulan Maret 2013 ini," tegas Hamim.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment