Friday 8 February 2013

WAGUB Imbau Sekolah Penerbangan Prioritaskan Putra Daerah

Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Rustam Effendi mengimbau sekolah penerbangan national aviation management (NAM) memprioritaskan putra daerah untuk dididik.

"Seluruh masyarakat Babel pasti merasa bangga dengan didirikannya NAM Flying School di sini, meski demikian saya mengimbau agar sekolah lebih memprioritaskan untuk merekrut putra daerah agar daerah kita juga bisa lebih maju seiring dengan kemajuan sekolah," kata Wakil Gubernur Rustam di sela-sela acara Wisuda NAM Flying School angkatan III di Bandara Depati Amir, Jumat.

Sementara menanggapi hal tersebut, pemilik maskapai penerbangan Sriwijaya Air Chandra Lie mengatakan selama ini NAM Flying School selalu berusaha merekrut putra daerah untuk menjadikannya penerbang berkualitas.

"Sriwijaya Air dan NAM Flying School ini milik masyarakat Babel, sejak awal pendiriannya, kami merasa menyatu dengan masyarakat dan mengutamakan menyerap pilot dari daerah," katanya.

Dikatakan Chandra, pada angkatan pertama sebanyak lima putra Babel berhasil lulus dari NAM Flying School, lalu pada angkatan kedua, NAM Flying School meluluskan tiga orang putra Babel.

Lebih lanjut Chandra mengatakan kebutuhan pilot pada maskapai Sriwijaya Air sendiri sangat tinggi. Saat ini, Sriwijaya Air memiliki 300 pilot.

Selain meminta sekolah untuk memberi prioritas pada perekrutan putra daerah, Wagub juga meminta adanya program semacam beasiswa yang dapat membantu meringankan biaya sekolah penerbangan.

"Biaya sekolah penerbangan untuk satu hingga dua tahun berkisar antara Rp450 juta hingga Rp500 juta, oleh sebab itu diharapkan adanya beasiswa atau bantuan lain bagi siswa," katanya.

Kepala Sekolah NAM Flying School Soenaryo Yosopratomo mengatakan untuk menjadi siswa sekolah penerbangan diperlukan ijazah S1 atau setidaknya SMA dengan beberapa syarat tertentu.

"Memang biayanya agak sedikit mahal jika dibanding sekolah sarjana, tapi mengingat sedikitnya waktu yang dihabiskan, peluang bekerja setelah lulus, serta banyaknya lapangan pekerjaan yang tersedia maka menjadi pilot dapat menjadi pilihan yang baik bagi pemuda Babel dan seluruh tanah air," katanya.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment