Sunday 10 February 2013

Tujuh Naga Siap Meriahkan Cap Go Meh Di Pontianak

Sebanyak tujuh replika naga dari berbagai yayasan pemadam kebakaran (YPK) Pontianak, Kalimantan Barat, siap memeriahkan perayaan Cap Go Meh (CGM) 2013 di kota itu.


    "Ketujuh naga tersebut semuanya dari YPK yang ada di Pontianak, yang siap meliuk-liuk untuk memeriahkan perayaan puncak Imlek atau CGM 2013," kata Ketua Panitia CGM Tahun 2013 Kota Pontianak, dari Yayasan Bhakti Suci Pontianak, Buyung Bunardi di Pontianak, Minggu.


    Ia menjelaskan ketujuh naga tersebut di antaranya BPAS Siantan, YPK Panca Bhakti, Budi Pekerti, Khatulistiwa, Merdeka, Siaga dan Bhakti Suci.


    Acara CGM 2013 sudah dimulai Jumat (22/2) dengan ritual replika naga buka mata di Klenteng Kwan Ya Keng Jalan Diponegoro pukul 07.00 WIB-09.00 WIB, kemudian pada sore harinya,  pukul 17.00 WIB-22.00 WIB hiburan musik tradisional China, Tandijor, musik Dayak dan lain-lain.


    Kemudian, Sabtu (23/2) masing-masing replika naga yang dimiliki oleh Yayasan pemadam kebakaran di Pontianak akan melakukan kunjungan kepada donatur-donatur, kemudian pada sore harinya, pukul 17.00 WIB-22.00 WIB hiburan musik tradisional China, Tanjidor, musik Dayak dan lain-lain.


    Hari puncaknya pada Minggu (24/2), naga yang sudah menjalani ritual buka mata diarak keliling kawasan pecinan di Jalan Gajah Mada dan Tanjungpura Pontianak, disertai pawai budaya nusantara, kemudian sekitar pukul 19.30 WIB para naga tersebut melakukan atraksinya di depan Kantor Wali Kota Pontianak, Jalan Rahadi Oesman atau Taman Alun-alun Kapuas.


    Senin (25/2)  pukul 08.00 WIB-12.00 WIB, para replika naga tersebut kembali melakukan kunjungan ke donatur-donaturnya, dan kunjungan ke Kantor Gubernur, Wali Kota Pontianak, DPRD Kota dan Kalbar, Kodam XII/TPR dan Polda Kalbar, katanya.


    Setelah itu, pukul 14.00 WIB hingga selesai para naga yang sebelumnya menjalani rituan naga buka mata, akan menjalani ritual naga tutup mata di Klenteng Kwan Ya Keng, kemudian dilanjutkan kembali dengan menjalani ritual bakar naga di Kompleks Pemakaman YBS, Sungai Raya kilometer delapan, Kabupaten Kubu Raya.


    Sebelumnya, Buyung menyatakan bahwa pihaknya telah memasang sedikitnya 13 ribu lampion (lampu) di kawasan perdagangan Kota Pontianak, di antaranya Jalan Gajah Mada, Pahlawan dan Tanjungpura untuk menyemarakkan perayaan Imlek 2564 dan CGM.


    "Tahun ini, perayaannya akan lebih meriah dari biasanya. Berbagai even akan digelar seperti festival kuliner, panggung rakyat atau pasar malam dan perayaan naga dengan pawai budaya nusantara," ujar dia.


    Ia berharap, kemeriahan itu akan semakin menarik minat wisatawan datang ke Kota Pontianak.    Pihaknya juga menggandeng Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) untuk mendukung perayaan CGM tahun 2013.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment