Monday 4 February 2013

Semen Padang-UNAND Tanam 1.000 Pohon

PT semen padang bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) universitas andalas (Unand) Padang melakukan penanaman 1.000 batang pohon dikampus itu.


Kegiatan penanaman pohon merupakan rangkaian Peringatan Bulan Mutu dan K3 Nasional di PT semen padang yang rutin dilaksanakan setiap tahun pada bulan Januari-Februari, kata Direktur Utama PT semen padang Munadi Arifin di Padang, Senin usai melakukan penanaman.


Ia menyebutkan pohon yang ditanam terdiri atas mahoni, trembesi, dan pucuk merah yang ditanam di depan kampus baru Fakultas Kedokteran Unand, Limau Manis.


"Dipilihnya Unand sebagai lokasi penanaman juga merupakan bentuk dukungan PT semen padang kepada perguruan tinggi itu untuk menjadi 'Green University'" kata dia.


Dikatakannya, penanaman pohon merupakan salah satu aksi nyata PT semen padang untuk mewujudkan visi peduli pada lingkungan dan mendukung pencapaian target penanaman satu miliar pohon yang dicanangkan pemerintah.


"Penanaman pohon, juga merupakan upaya untuk mengurangi dampak pemanasan global," kata dia.


Ia memastikan program penghijauan akan terus digulirkan pada area lain, di lingkungan PT semen padang dengan total target pohon yang ditanam berjumlah 1.500 batang.


Sementara Rektor Unand Werry Darta Taifur menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas kepedulian PT semen padang terhadap penghijauan di universitas andalas.


Penghijauan merupakan upaya pelestarian lingkungan yang manfaatnya dapat dirasakan semua orang serta akan ngurangi bencana alam yang dapat menimbulkan korban jiwa manusia dan kerugian harta benda, kata dia.


Dikatakannya, penanaman yang dilakukan juga memiliki nilai edukasi kepada mahasiswa dan warga kampus serta kepada masyarakat untuk selalu memperhatikan penghijauan di lingkungan kampus.


Ia menyampaikan universitas andalas pada 22 November 2012 menerima penghargaan sebagai perguruan tinggi yang peduli terhadap penanaman pohon yang diserahkan langsung Menteri Kehutanan di hadapan Presiden.


Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) universitas andalas Prof James Helliward berharap kerjasama PT semen padang-Unand terus berlanjut, tidak hanya dalam hal riset, tapi juga pengabdian masyarakat.


Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan penanaman pohon oleh Direktur Utama semen padang, Direktur Litbang dan Operasi Agus Boing Nurbiantoro, dan jajaran pimpinan Unand.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment