Sunday 10 February 2013

Ratusan Warga Ikut "MEMANCING MANIA" di Pasaman

Ratusan warga pencandu memancing di Kabupaten Pasaman, Sumatra Barat, mengikuti acara "Memancing Mania" di Sungai Sitombol, Nagari Sitombol Padanggelugur, Kecamatan Padanggelugur.

"Setiap tahun kita melaksanakan 'memancing mania' di sungai ini setelah masyarakat dilarang mengambil ikan di sana," kata panitia pelaksana, Udin Saharuddin, Minggu.

Peserta bukan saja dari Nagari Sitombol Padanggelugur, tapi juga banyak yang datang dari daerah lain seperti Lubuksikaping, Rao dan Panti, yang masih dari daerah Pasaman.

Sebanyak 500 tiket habis diborong para maniak pancing ikan tersebut. Bahkan, panitia terpaksa menambah hari pelaksanaan, karena tingginya animo peserta.

Hari pertama biaya pendaftaran dibebankan kepada para peserta sebesar Rp20 ribu. Sedangkan pada hari berikutnya akan dipungut Rp10 ribu.

Beragam jenis ikan tersedia dan telah ditebar panitia sejak enam bulan lalu, seperti ikan mas, mujahir, nila, dan lele.

"Hasil pancing para peserta dibolehkan untuk dibawa pulang," katanya.

Dia menjelaskan, sebelum kegiatan dimulai setiap peserta diberi arahan agar peraturan yang telah dibuat panitia dapat dijalankan.

Setiap peserta harus memasang tanda peserta sebagaimana yang telah diberikan panitia. Di samping itu, peserta dilarang memancing sebelum ada aba-aba yang jelas dari panitia.

"Kita tidak membenarkan untuk menggunakan alat selain pancing. Setiap peserta hanya diperbolehkan menggunakan satu joran saja," kata dia.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment