Sunday 10 February 2013

PNPM Mamuju Bangun Bronjong Antisipasi Kerusakan Sungai

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan di Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat membangun bronjong untuk mengantisipasi kerusakan sungai di wilayah itu.

Ketua tim pengelola kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) Desa Belang Belang Kecamatan Kalukku, Asmawati, di Mamuju, Minggu mengatakan, program PNPM-MP di Kecamatan Kalukku memprogramkan pembangun bronjong di sungai Talaba Desa Belang Belang tahun 2013.

Ia mengatakan, program tersebut menjadi sangat prioritas menyusul kerusakan yang terjadi di sungai Talaba yang dapat mengancam pemukiman warga apabila tidak diantisipasi.

"Pengikisan sungai di bantaran sungai Talaba menuju areal perkebunan dan pemukiman warga sudah terjadi, sungai Talaba yang dulunya jauh dari pemukiman warga kini semakin dekat dan mengancamnya ketika musim hujan dan banjir tiba,"katanya.

Oleh karena itu menurut dia, program PNPM-MP membangun bronjong mengantisipasi pengikisan sungai itu sepanjang 70 meter dengan tinggi mencapai 3.5 meter.

"Pembangunan bronjong itu menggunakan anggaran APBN dan APBD tahun 2013 mencapai Rp100 juta,"katanya.

Ia berharap setelah pembangunan bronjong itu dilakukan pemukiman warga dan perkebunannya yang sebelumnya terancam terkikis banjir dapat lebih aman.

"Diharapkan puluhan KK warga di bantaran sungai Talaba dapat aman dari ancaman banjir yang dapat mengikis perkampungan mereka ketika hujan tiba,"katanya.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment