Sunday 10 February 2013

PLN Diminta Tertibkan Listrik Liar Di Ulumanda


PLN di wilayah Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat diminta menertibkan pemasangan listrik liar dipemukiman warga di Kecamatan Ulumanda Kabupaten Majene.


"Kami meminta agar PLN di wilayah Kabupaten Majene segera turun memantau dan menertibkan sambungan listrik yang dipasang liar pemiliknya disejumlah pemukiman warga di Kecamatan Ulumanda, karena sambungan listrik liar itu sangat berbahaya," kata Amin, salah seorang warga di Kecamatan Ulumanda Kabupaten Majene, Minggu.


Ia mengatakan, penertiban sambungan listrik yang dipasang secara liar pemiliknya oleh PLN agar tidak ada lagi jatuh korban karena tindakan memasang listrik liar itu sangat berbahaya.


Menurut dia, dua warga Kecamatan Ulumanda Kabupaten Majene telah menjadi korban tewas akibat tersengat sambungan instalasi listrik yang dipasang secara liar dipemukiman warga.


"Dalam dua pekan terakhir dua warga transmigrasi di desa Salutambung Kecamatan Ulumanda tewas tersengat instalasi listrik akibat menyentuh kabel sambungan listrik yang dipasang secara liar di pemukiman warga,"katanya.


Ia mengatakan, instalasi listrik yang dipasang secara liar pemiliknya itu dengan tujuan sebagai kabel sambungan dari rumah warga kerumah warga lainnya itu mengakibatkan dua korban antara lain Salma (50) dan Azis (50), mereka tewas karena tanpa sengaja memegang kabel listrik yang dipasang liar itu, dengan cara mengenaskan.


"Tubuh dua warga itu mengalami luka bakar setelah tersengat listrik, mereka mati sia-sia karena kabel sambungan liar yang dipasang berbahaya tanpa pengawasan pihak PLN,"katanya.


Ia berharap PLN dapat tegas menertibkan sambungan listrik liar yang membahayakan tersebut.


"Kami sesalkan PLN yang tidak mengawasi secara ketat masyarakat yang melakukan pelanggaran memasang instalasi listrik secara liar sehingga mengakibatkan dua korban tewas dalam dua pekan terakhir di Kecamatan Malunda,"katanya.


Oleh karena itu ia meminta agar selain menertibkan sambungan listrik liar PLN juga harus mengimbau secara tegas kepada seluruh masyarakat di wilayah Kecamatan Ulumanda tidak lagi memasang listrik secara liar karena berbahaya bagi masyarakat lainnya.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment