Sunday 10 February 2013

Perpustakaan Yogyakarta Buka Kembali Kelas Menulis Anak

perpustakaan kota Yogyakarta bersama Forum Lingkar Pena membuka kembali kelas menulis untuk anak angkatan kelima yang terbuka untuk siswa kelas 4 dan 5 sekolah dasar di daerah itu.

"Perpustakaan Yogyakarta memiliki Sanggar Menulis Cahaya. Nantinya, peserta akan dilatih untuk menghasilkan karya penulisan yang baik," kata Kepala Kantor Arsip dan perpustakaan kota Yogyakarta Sri Adiyanti di Yogyakarta, Minggu.

Menurut dia, Sanggar Menulis Cahaya yang dimiliki perpustakaan kota Yogyakarta tersebut memiliki arti "membaca dan hasilkan karya" yang kemudian disingkat menjadi "cahaya".

Pelatihan menulis, lanjut Sri, merupakan salah satu cara alternatif untuk meningkatkan budaya literasi pada anak, selain terus menggiatkan budaya membaca pada anak.

Siswa yang berminat mengikuti kelas menulis tersebut bisa datang langsung ke perpustakaan kota Yogyakarta untuk mendaftar. Waktu pendaftaran paling lambat pada tanggal 23 Februari.

Calon peserta juga diminta untuk membuat cerita fabel, yang ditulis tangan dan dikumpulkan bersama dengan formulir pendaftaran. "Ini untuk mengetahui keinginan dan kemauan menulis dari calon peserta," katanya.

Pada angkatan ke-5 tersebut, perpustakaan kota Yogyakarta akan membatasi jumlah peserta, yaitu maksimal 20 anak.

Pelatihan akan dimulai pada pertengahan Maret yang dilakukan satu pekan sekali selama 20 kali pertemuan. Pelatihan tersebut gratis, bahkan peserta akan memperoleh modul dan perlengkapan menulis.

"Peserta akan dididik oleh tutor berpengalaman menulis yang berasal dari Yogyakarta dan sekitarnya," katanya.

Dalam perjalanannya, Sanggar Menulis Cahaya telah meluluskan angkatan pertama pada bulan November 2009 dan telah menerbitkan sebuah antalogi cerita berjudul "Sahabat Bumi" pada bulan Mei 2010.

Pada bulan Juli 2010, Sanggar Menulis Cahaya meluluskan angkatan kedua yang kemudian menerbitkan antalogi cerita "Hanya ini untuk Bunda".

Pada bulan Oktober 2011 dan September 2012, Sanggar Menulis Cahaya meluluskan angkatan ketiga dan keempat.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment