Friday 8 February 2013

Permintaan Buah Naga Organik Meningkat Jelang Imlek


Permintaan buah naga (hylocereus undatus) organik di Kabupaten Jember, Jawa Timur, meningkat menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2564.


"Permintaan buah naga organik meningkat selama beberapa hari terakhir, bahkan sejumlah konsumen atau pedagang buah sudah memesan jauh-jauh hari untuk persiapan perayaan Imlek," kata Manajer Produksi Kebun buah naga Jember Mukhlis Anas, Jumat.


Menurut dia, Agrowisata Rembangan menyiapkan 4.000 buah atau sekitar 3 ton untuk kebutuhan Imlek, namun stok tersebut belum cukup untuk memenuhi kebutuhan pasar di beberapa daerah.


"Permintaan buah naga menjelang Imlek tahun ini meningkat sekitar 5 persen dibandingkan tahun lalu, bahkan produksi buah naga organik kami belum mampu memenuhi kebutuhan konsumen," tuturnya.


Hingga hari ini, lanjut dia, buah naga yang terjual sebanyak 2,5 ton dan buah yang belum dipanen di kebun yang berada di Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa, berkisar 1 ton saja.


"buah naga organik tersebut juga sudah dipesan oleh beberapa pengusaha dan pengelola pasar modern seperti Surabaya, Malang, Semarang, Solo, Jakarta, dan Bali untuk memenuhi kebutuhan Imlek," paparnya.


Harga buah naga yang dijual di agrowisata kawasan Rembangan tersebut sebesar Rp15 ribu per kilogram untuk kualitas (grade) A dengan berat per buah sekitar 7 ons, sedangkan grade B dengan berat per buah sekitar 5-6 ons seharga Rp12.500 per kg dan grade C dengan berat per buah 3-4 ons sebesar Rp10 ribu per kg.


"buah naga yang ditanam di kawasan Agrowisata Rembangan menggunakan pupuk organik, sehingga rasanya lebih manis dan selalu laris manis pada perayaan Imlek," ujarnya.


Sementara salah satu warga Tionghoa Amanda mengaku membeli buah naga di Rembangan untuk melengkapi sajian perayaan Tahun Baru Imlek di rumahnya.


"Imlek biasanya didominasi dengan warna merah, sehingga sajian buah naga menjadi salah satu hidangan penutup dalam acara makan-makan bersama keluarga," tuturnya.


Selain itu, kata dia, buah naga banyak mengandung khasiat yang dipercaya oleh banyak orang di antaranya sebagai penyeimbang gula darah, menguatkan fungsi ginjal dan jantung dan mengurangi kolesterol.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment