Friday 8 February 2013

Perhiptani Lampung Akan Tanam Tumbuhan Langka

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Provinsi Lampung menggelar rapat kerja wilayah sekaligus melakukan tanam perdana tumbuhan langka di Kabupaten Lampung Selatan.


"Kami wakil dari Waykanan berharap hal itu membuat terjadinya transfer teknologi pertanian sehingga meningkatkan kinerja penyuluh melalui pengetahuan baru," kata Ketua II DPD Perhiptani Waykanan, Sumanto, di Blambangan Umpu, sekitar 220 km sebelah barat Bandarlampung, Jumat.


Ia menambahkan, kegiatan tersebut berlangsung mulai sore hari ini sampai dengan Sabtu (9/2) di Grand Elty Kalianda, Lampung Selatan.


Ketua DPW Perhiptani Lampung Joko Umar Said dalam undangan yang dikirimkan menjelaskan kegiatan itu bertujuan untuk membantu pemerintah daerah dalam memantapkan program pembangunan pertanian yang efektif, efisien, dan produktif.


"Kegiatan hari ini ialah rakerwil, bertempat di Balai Latihan Kerja Kabupaten Lampung Selatan," ujar Sumanto yang menghadiri kegiatan itu bersama sejumlah penyuluh Waykanan.


Adapun kegiatan besok yang dilampirkan dalam undangan ialah tanam perdana "arboretum" atau tanaman langka dan panen sorgum.


Sejumlah pembicara pada kegiatan besok ialah Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza, dan Ketua DPW Perhiptani Joko Umar Said.


"Selanjutnya ada seminar 'Prospek Pengembangan Sorgum Sebagai Bahan Energi Terbarukan' dengan pembicara Bambang S dari LIPI. Kemudian seminar 'Peluang Bisnis Bagi Penyuluh' dengan pembicara Anton Supriantono, mantan Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Bersatu Jilid I," katanya lagi.


Setelah itu, dibahas kesepakatan program Perhiptani Provinsi Lampung 2013-2016, demikian Sumanto.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment