Wednesday 6 February 2013

Pemkab Pasaman Akan Menambah Mobil Pemadam Kebakaran


Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, akan menambah satu mobil pemadam kebakaran untuk dioperasikan di Kecamatan Padang Gelugur dan sekitarnya.


"Penambahan mobil pemadam kebakaran itu dialokasikan melalui APBD Kabupaten Pasaman 2013 dan telah mendapat persetujuan DPRD," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman, M Nasir, Rabu.


Ia menyebutkan, saat ini Kabupaten Pasaman baru mempunyai dua mobil pemadam kebakaran, dan jumlah tersebut dirasa kurang untuk mengatasi musibah kebakaran yang sewaktu-waktu dapat terjadi dan menimpa siapapun.


"Dengan penambahan satu mobil ini maka Pasaman akan memiliki tiga mobil pemadam kebakaran yang siap beroperasi untuk menekan kerugian akibat kebakaran," kata dia.


Ia menjelaskan, sebelumnya sudah ada dua mobil pemadam kebakaran yang masing-masing ditempatkan di Padang Gelugur dan Lubuk Sikaping.


"Saat ini juga telah rampung pembangunan gedung pos pemadam kebakaran yang baru di Padang Gelugur, sehingga mobil yang baru akan dioperasikan di sana. Sementara yang lama akan ditarik ke pos induk di Lubuk Sikaping," katanya.


Meski dirasa belum memadai, karena keterbatasan anggaran, namun kedatangan satu mobil pemadam kebakaran tersebut akan mampu menjawab tantangan dalam menanggulangi berbagai musibah di daerah tersebut.


"Kedatangan mobil ini jelas akan mempermudah kinerja personel pemadam kebakaran di lapangan," katanya.


Dia menambahkan, untuk memperlancar operasi pemadam kebakaran di Pasaman, Pemkab juga akan membuka peluang bagi masyarakat untuk bergabung menjadi pasukan pemadam kebakaran.


"Saat ini sudah banyak yang mendaftarkan diri. Kita akan melakukan penyaringan untuk mencari personel yang dirasa cocok untuk menjalankan tugas ini," ujarnya.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment