Monday 4 February 2013

Pemirsa SCTV Bantu Korban Banjir Benenain Belu

Pemirsa SCTV melalui Pundi Amal stasiun televisi swasta nasional itu membantu 500 warga korban banjir akibat jebolnya tanggul Sungai Benenain, di Kabupaten Belu, wilayah yang berbatasan dengan negara Timor Leste.


Bantuan kemanusiaan yang diberikan kepada 150 kepala keluarga atau sekitar 500 jiwa, diserahkan Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya, di Atambua, Belu, kata Perwakilan SCTV NTT Didinus Payong Dore, Senin.


Bantuan bahan makanan itu berupa beras 20 kilogram, satu dos mie instan, sabun mandi setengah lusin, sabun cuci setengah kilo gram, ikan kaleng setengah lusin, minyak goreng masing masing dua liter per kepala keluarga.


"Bantuan sembako yang diserahkan Gubernur Frans Lebu Raya hanya kepada warga Dusun Bicolo, Desa Lasaen, Kecamatan Malaka Barat," katanya.


Alasannya karena warga dua kampung ini sejak awal Januari lalu sudah tidak lagi tinggal di rumah mereka karena tergenang air.


Ratusan warga ini, harus menempati bangunan-bangunan darurat yang dibuat secara swadaya di pinggiran pantau, sekitar satu km dari perkampungan sejak banjir melanda wilayah itu dan membentuk anak sungai ditengah kampung mereka, kata Didimus Payong.


"Memang banyak warga yang membutuhkan bantuan tetapi tahap pertama ini, SCTV hanya membantu 150 kepala keluarga. Kami akan mengusulkan ke Jakarta untuk memperoleh bantuan tambahan," katanya.


Petrus Leki, salah satu warga korban banjir dari kampung Loofoun, Desa Umatoos merasa senang atas bantuan dari Pundi Amal SCTV, karena saat ini mereka sangat membutuhkan bantuan.


"Setiap malam sejak akhir Desember 2012 lalu selalu terjadi banjir. Kami sudah tidak bisa tinggal di rumah karena genangan air sudah menutup ditempat tidur," kata Petrus Karena itu, dirinya bersama puluhan keluarga lainnya memilih mengungsi di pantai yang menurut mereka lebih aman karena banjir tak melewati tempat itu.


Selain itu pilihan membuat gubuk sementara di wilayah pantai sekitar dua kilo meter dari kampung mereka juga untuk lebih dekat mencari hasil laut seperti menjala ikan da kepiting untuk dijual ke pasar, katanya.


Didimus Payong mengatakan, segera mengusulkan ke Jakarta agar Pundi Amal SCTV bisa menambah bantuan bagi korban banjir Benenain.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment