Friday 8 February 2013

Payakumbuh Siapkan Diri Sambut Tour De Singkarak


Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, segera mempersiapkan diri menyambut kegiatan internasional "tour de singkarak 2013" (TdS) karena daerah ini akan dilewati rombongan pebalap pada 2-9 Juni 2013.


Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh, Ridha Ananda, Jumat mengatakan, kepastian Kota Payakumbuh dilewati "tour de singkarak 2013" diketahui usai rapat koordinasi antara Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar dengan Gubernur Sumbar serta 16 kepala daerah kabupaten/kota di Sumbar di Jakarta, Kamis (7/2).


Rapat tersebut, kata Ridha, memutuskan "tour de singkarak 2013" akan melibatkan sembilan kabupaten dan tujuh kota di Sumbar, termasuk Payakumbuh. Jumlah daerah yang akan dilewati itu meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya diikuti 14 kabupaten dan kota.


"'Event tour de singkarak' merupakan salah satu kesempatan untuk memperkenalkan potensi daerah pada dunia international. Karena itu, Pemkot Payakumbuh akan mempersiapkan diri untuk menyambut pelaksanaan iven tersebut," kata Ridha.


Menurut Ridha, tahun 2012 pihaknya mencoba memberikan tontonan berbeda pada peserta "tour de singkarak" dengan menampilkan permainan tradisi pacu terbang itik.


"Hal itu mendapatkan sambutan hangat baik dari peserta, panitia pusat bahkan jurnalis dari berbagai negara," kata Ridha.


Dia mengatakan, hal itu kemungkinan besar akan dipertahankan pada "tour de singkarak 2013".


"Kita juga akan menjajaki kemungkinan sajian tradisi lain yang bisa kita tampilkan pada saat peserta 'tour de singkarak' sampai di Payakumbuh," kata dia.


Pelaksanaan "tour de singkarak 2013" di Payakumbuh, menurut Ridha, juga mendapat dukungan penuh dari legislator di Payakumbuh. Terbukti DPRD menyetujui anggaran penunjang pelaksanaan tour de singkarak. "Anggaran penunjang itu sekitar Rp350 juta," kata Ridha.


Daerah-daerah yang akan dilewati pebalap "Tour de Singakrak 2013" masing-masing, Padang, Pariaman, Padangpanjang, Solok, Bukittinggi, Sawahlunto, Payakumbuh, Solok, Pesisir Selatan, Solok Selatan, Sijunjung, Tanahdatar, Limapuluh Kota, Agam serta dua kabupaten lain akan melalui proses survei terlebih dahulu.


Total jarak tempuh tahun 2013 juga meningkat dari 854 kilometer menjadi 1.000 kilometer dengan hadiah yang juga meningkat dari sebelumnya Rp1 miliar menjadi Rp1,2 miliar.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment