Tuesday 19 February 2013

Palangka Raya Buka Dua Program Baru SMK

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota palangka raya membuka dua program baru keahlian untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada 2013.

"Dua program tersebut adalah pertambangan dan alat berat, karena melihat kebutuhan lapangan kerja untuk lulusan ini," kata Kepala Disdikpora palangka raya, Ikhwanudin, Selasa.

Dengan bertambahnya dua program keahlian tersebut jumlah program keahlian menjadi 43 jurusan dan lulusannya bisa dipersiapkan sebagai tenaga terampil.

Selain itu juga animo masyarakat untuk memasukkan anaknya ke SMK meningkat agar lulusannya bisa mengurangi angka penggangguran dengan keahlian yang dimiliki dapat mandiri.

Sesuai dengan tujuan pendidikan menengah kejuruan yakni meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta kemampuan untuk hidup mandiri dengan komptensi yang dimiliki.

Wali Kota palangka raya HM Riban Satia menyambut baik dua program keahlian yang baru dibuka tersebut, sehingga diharapkan membawa perkembangan positif bagi perkembangan SMK di Kota Cantik palangka raya.

"Hal positif itu adanya peningkatan animo masyarakat untuk masuk SMK serta meningkatnya bantuan-bantuan yang didukung dengan dana APBD dan APBN," katanya.

Ia juga menyampaikan khususnya dalam pembinaan SMK, yakni pemerataan dan kemudahan akses pendidikan kejuruan, peningkatan kompetensi guru dan peserta didik serta lulusan dan peningkatan sarana dan prasarana pendidikan kejuruaan.

"Itu semua dapat terlaksana apabila seluruh masyarakat dan pemerintah bersatu padu untuk mewujudkannya dan kita wajib selalu mengembangkan potensi dan kemampuan yang ada sehingga tujuan mulia ini dapat tercapai dan dapat dirasakan seluruh masyarakat," katanya.

Ia mengaku bersyukur pendidikan di SMK di palangka raya sudah terencana dan terlaksana dengann baik walaupun masih banyak kekurangannya, namun dengan berbagai keterbatasan yang dimiliki janganlah membuat patah semangat tapi justru memacu untuk dapat meraih prestasi dimasa yang akan datang.

Ia berharap lulusan SMK dapat bersaing mandiri atau mendapatkan peluang kerja untuk mengisi berbagai jenis pekerjaan sesuai dengan bidang keahlian masing-masing, yangperlu persiapan matang terutama dari satuan pendidikan SMK yang meluluskannya.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment