Friday 8 February 2013

Legislator Mentawai Dorong Pemkab Dirikan Perusda

Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Semseri Saunduken, mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mendirikan perusahaan daerah (Perusda) untuk dapat mengelola sumber daya daerah.


"Untuk mendapatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) pemerintah daerah sudah saatnya mendirikan Perusda agar potensi-potensi yang dimiliki daerah dapat dikelola, sehingga menjadi sumber pemasukan bagi Mentawai," kata Semseri yang juga Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat Mentawai di Tuapejat, Jumat.


Menurut dia, sampai saat ini potensi sumber daya alam yang melimpah di Mentawai belum terkelola dengan baik, sehingga masyarakat dan pemerintah daerah masih belum maksimal merasakan hasil daerahnya sendiri.


"Mentawai merupakan daerah yang mempunyai potensi besar, seperti pariwisata dan kelautan yang perlu dikelola secara profesional, sehingga dapat mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujar dia.


Dia mengatakan, Perusda akan sangat membantu daerah untuk mendapatkan PAD karena perusahaan akan dapat bekerja secara profesional sehingga tidak lagi menambah beban pemerintah, akan tetapi dapat membantu pemerintah dalam mendapatkan PAD.


"Untuk menjadikan potensi besar yang terdapat di daerah ini menjadi sumber PAD, maka pemerintah harus bekerja keras sehingga sumberdaya daerah ini tidak terbuang percuma," ujar dia.


Selain itu, dia mengatakan apabila potensi daerah tidak dikelola dengan baik, maka masyarakat Mentawai tidak akan mendapatkan hasil serta dampak positif dari kekayaan alam yang dimiliki.


"Banyak program yang dapat dilakukan pemerintah Mentawai untuk mendapatkan PAD seperti memaksimalkan penerapan Perda tentang pariwisata dan retribusi lainnya," kata dia.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment