Tuesday, 19 February 2013

Kapal Feri Layani Jalur Bengkulu-Enggano

kapal feri pulo tello kembali melayani pelayaran dari Kota Bengkulu menuju pulau enggano, Kabupaten bengkulu utara, Bengkulu dan sebaliknya, setelah menjalani perbaikan rutin atau "docking" selama sebulan.

"kapal feri sudah selesai menjalani perbaikan rutin pada 11 Februari 2013 dan kembali ke Bengkulu dari Tanjung Priok pada 12 Februari 2013," kata Kepala dinas perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Bengkulu Eko Agusrianto di Bengkulu, Selasa.

Ia mengatakan pelayaran perdana setelah menjalani perbaikan rutin akan digelar hari ini (19/2) dengan jadwal keberangkatan pukul 17.00 WIB.

Sesuai jadwal rutin kata dia, kapal feri yang menjadi andalan untuk transportasi bagi warga yang bermukim di pulau enggano akan berlayar dua kali dalam sepekan.

Dengan beroperasinya kapal tersebut, maka saat ini pelayaran ke pulau berpenghuni lebih 1.800 jiwa itu sudah kembali normal yakni dilayani dua kapal.

"kapal feri dan kapal perintis sudah beroperasi normal untuk melayani masyarakat di pulau terluar itu," tambahnya.

Ke depan kata dia, kendala pelayaran yang terjadi selama ini yakni saat kapal feri harus menjalani perbaikan rutin sedangkan kapal perintis dalam proses tender pengelola akan dicari solusinya.

Salah satunya dengan mempercepat "docking" sehingga saat kapal feri menjalani perbaikan rutin, kapal perintis tetap melayani kebutuhan transportasi warga.

"Atau mempercepat tender pengelola kapal perintis sebelum kapal feri 'docking'," katanya.

Solusi lainnya adalah mengusulkan ke Dirjen Perhubungan Laut untuk menyediakan kapal pengganti selama feri pulo tello menjalani perbaikan rutin.

Hal itu kata dia agar transportasi warga Pulau Enggano tidak terganggu, sebab sebagian besar pasokan kebutuhan pangan didatangkan dari Kota Bengkulu.

"Demikian juga hasil bumi dan tangkapan ikan nelayan di Enggano perlu cepat dibawa ke Bengkulu untuk dijual," katanya. (bn/ant)

No comments:

Post a Comment