Monday 4 February 2013

Dinas Infokom Akan Menyediakan MCAP Untuk Pariwisata

Dinas Informasi dan Komunikasi (Infokom) Maluku akan menyediakan "Mobile Capacity Access Point" (MCAP) untuk mendukung pariwisata di Ambon.


"Dalam waktu dekat kami akan menyediakan MCAP berupa mobil yang dapat digunakan untuk mengakses internet gratis di beberapa tempat di pusat Kota Ambon," kata Kepala Dinas Infokom Florence Sahusilawane di Ambon, Senin.


Ia mengatakan, MCAP akan difungsikan untuk melayani wisatawan nusantara dan mancanegara yang berkunjung ke Kota Ambon agar mereka bisa mengakses berbagai situs berisi informasi tentang kebudayaan, kesenian dan objek wisata di Maluku.


Dalam operasionalnya nanti, MCAP akan berkeliling ke beberapa titik pariwisata di pusat Kota Ambon, kemudian parkir selama empat jam di setiap tempat tersebut.


"MCAP memang kami sediakan untuk mendukung pariwisata di Maluku, ini menjadi salah satu program Dinas Infokom Maluku pada tahun ini," ujarnya.


Florence menjelaskan, program MCAP sama dengan Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK) yang telah dilaksanakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) di Maluku, namun MPLIK hanya melayani desa-desa di kecamatan.


"Cara kerjanya sama, bedanya MCAP hanya di pusat kota sedangkan MPLIK jangkauannya satu kecamatan," ujarnya.


Ia mengatakan, untuk mendukung perkembangan pariwisata, tidak hanya menyediakan MCAP, dalam waktu dekat Dinas Infokom Maluku akan membenahi "website" khusus milik Pemerintah Provinsi Maluku.


"Dengan memperbarui setiap informasi di dalamnya, akan dapat mempermudah wisatawan mengetahui tentang daerah tersebut," katanya.


Menurut dia, pihaknya juga akan segera membenahi situs milik pemerintah daerah, informasinya akan diperbarui terus-menerus, agar nantinya setiap orang yang ingin mengetahui tentang daerah ini bisa mengakses banyak hal.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment