Sunday 10 February 2013

Batik Kabupaten Batang Akan Dipamerkan Di Jepang

Produk kerajinan batik berasal dari Kabupaten Batang, Jawa Tengah, rencananya dipamerkan di Jepang sebagai upaya membangkitkan kembali kejayaan batik daerah ini.

Pemilik kerajinan batik, Supardi di Batang, Sabtu, mengatakan sebenarnya Kabupaten Batang memiliki sejarah dan akar memproduksi batik tulis sehingga kualitas produknya tidak kalah dengan daerah lainnya seperti Kota Pekalongan.

"Kami menginginkan batik Batang dapat muncul dan diperhitungkan oleh daerah lain dan pangsa pasar mancanegara karena selama ini konsumen hanya mengenal batik berasal dari Pekalongan," katanya.

Ia berharap pemerintah daerah dapat memfasilitasi upaya yang dilakukan oleh perajin batik untuk membangkitkan kembali kejayaan Kabupaten Batang sebagai salah satu daerah pusat produksi batik yang andal.

"Keterlibatan pemkab untuk mengembalikan kejayaan batik Batang sangat kami butuhkan dengan membantu memfasilitasi pameran batik di Jepang," katanya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Batang Ketut Mariadji mengatakan pemkab berkomitmen mendorong dan memajukan produk batik Batang agar lebih dikenal oleh konsumen lokal maupun mancanegara.

"Rencananya, pada April 2013, kami ingin kerajinan batik berasal dari Batang bisa dipamerkan di Jepang," katanya.

Ia mengatakan selama ini batik asli Batang masih kalah pamor dengan produk batik dari Kota Pekalongan, padahal sebagian besar pekerja batik berasal dari Batang.

"Kami optimistis dengan mengikuti pameran batik di Jepang, popularitas batik asli batang akan kembali bangkit," katanya.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment