Monday 4 February 2013

Banjir Genangi Sejumlah Wilayah Di Bekasi

Banjir setinggi 1,5 - 3 meter menggenangi sejumlah pemukiman di Bekasi akibat luapan Sungai Bekasi dan Cikeas pada Selasa tengah malam.


"Ketinggian banjir mencapai tiga meter di sekitar Pondok Gede Permai," kata Ketua Forum Taruna Siaga Bencana (Tagana) Bekasi Engkus Kustara, saat dihubungi ANTARA dari Jakarta, Selasa dini hari.


Menurut dia sejumlah daerah yang terendam air dengan ketinggian 1,5 - 3 meter tersebut, antara lain adalah Villa Jati Rasa, Pondok Gede Permai, Kemang Ifi Graha dan Pondok Metro Sari di Kelurahan Jati Rasa Kecamatan Jati Asih, Bekasi.


Kemudian Perumahan Jaka Kencana, Perumahan Departemen Tenaga Kerja, Pondok Pekayon dan Pangkalan Bambu di Kelurahan Jaka Setia, Kelurahan pekayon jaya, Kelurahan marga jaya yang berada di Kecamatan Bekasi Selatan.


Engkus menyebutkan banjir juga menggenangi RW 04 Kelurahan Sepanjang Jaya Kecamatan Rawa Lumbu serta RW 26 Margahayu Kecamatan Bekasi Timur.


Menurut Engkus banjir ini diperkirakan juga disebabkan belum selesainya pemugaran bendungan yang bocor di sekitar Sungai Bekasi dan Cikeas.


"Pemugaran belum selesai dan baru menggunakan brojong. Itu membuat air mudah masuk ke beberapa perumahan," katanya.


Engkus juga menyebutkan Tagana bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta masih akan bersiaga menghadapi kemungkinan banjir akibat curah hujan maupun kiriman hingga bulan Maret 2013.


"Berdasarkan hasil rapat di BPBD Provinsi, kami bersiaga sampai Maret. Ini untuk antisipasi akan adanya banjir lokal maupun kiriman serta adanya potensi angin besar maupun puting beliung," kata Engkus.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment