Tuesday, 19 February 2013

14 Responden Pilih Nama Bandara Sultan Adji

Sebanyak 14 orang dari 288 orang responden memilih mengganti nama Bandara Internasional Sepinggan di Balikpapan, Kalimantan Timur, menjadi Bandara Internasional sultan adji Mohamad Soelaiman.

"Polling" digelar oleh Pemkot Balikpapan Senin (18/2).Sebanyak 66 orang ingin nama bandar udara itu tetap Sepinggan. Ada juga yang memilih nama Bandara Internasional sultan adji Mohamad Soelaiman Sepinggan, Balikpapan, yaitu sebanyak 8 orang.

"Para respondennya itu para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, mahasiswa, perwakilan lembaga adat, dan paguyuban," jelas Kepala Bagian Humas Pemkot Balikpapan Sudirman Djajaleksana, Selasa (19/2).

Menurut Kabag Humas Sudirman, dalam poling tersebut kepada responden diajukan sejumlah pilihan nama dan mereka disilakan memilih satu dari pilihan-pilihan itu. Responden tidak diminta untuk memberikan alasan pilihannya.

Dari 350 responden tersebut, 288 mengembalikan lembar yang berisi pilihannya.

Hasilnya seperti tersebut di atas, sebanyak 66 orang memilih nama Sepinggan, nama Sultan Aji Muhammad Sulaiman dipilih 14 orang, Gerbang Benua Etam dipilih 2 orang, nama Sjarifuddin Joes ada 1, Bandara Mulawarman dipilih 8 orang, Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan oleh 8 orang.

Pilihan lain-lain hanya 1 orang. "Jadi sekitar 60-70 persen itu ingin nama bandara tetap Sepinggan," simpul Kabag Humas Sudirman Djajaleksana.

Selain poling tersebut, Pemkot melalui Humas juga menggelar jajak pendapat melalui jejaring sosial, yaitu twitter dan facebook.

"Itu juga untuk menjaring aspirasi masyarakat. Tapi saya belum tahu hasil yang dari facebook atau twitter," kata Sudirman.

Dikonfirmasi terpisah, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menyebutkan bahwa hasil poling itu akan diserahkan kepada Pansus DPRD Kaltim dan DPRD Balikpapan. Ia juga menegaskan bahwa hasil poling adalah sepenuhnya suara masyarakat.

"Kami Pemkot tidak mengambil sikap dan tidak memilih," kata Rizal.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment